

Abnormal psychology (Noermalasari Fajar Trans.). Journal of Autism and Developmental Disorders, 37(1): 1803-1814.ĭanuatmaja, B. Effects of social stories on prosocial behavior of preschool children with autism spectrum disorders. Teaching Exceptional Children, 37(6):26-31.Ĭrozier, S., & Tincani, M. Encouraging positive behavior with social stories: An intervention for children with autism spectrum disorders. Journal of Applied Behavior Analysis, 41(3): 405-409.Ĭrozier, S., & Sielo, N. A social storiesTM intervention package for students with autism in inclusive classroom settings. A systematic approach to teaching social skills to children with autism spectrum disorders: A guide for practitioners. Canada: Manitoba Education Cataloguing in Publication Data.īellini, S., Benner, L., & Myszak, J. Supporting positive behavior in Manitoba classrooms. Kata Kunci: Social story Teknik Prompting Keterampilan Sosial Anak AutisĪtkinson, L. Studi ini menambah perbendaharaan metode untuk meningkatkan keterampilan sosial pada anak autis, khususnya perilaku menyapa teman, bertanya di kelas, dan membantu ibu guru. Hanya saja, target perilaku belum muncul secara konsisten pada saat anak berinteraksi dalam setting sekolah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan keterampilan sosial pada anak autis setelah diberikan intervensi social story dengan teknik prompting. Evaluasi pretest dan posttest juga dilakukan melalui alat ukur Preschool and Kindergarten Behavior Scales (PKBS). Intervensi dilaksanakan selama lima minggu dengan tujuhbelas sesi pertemuan. Desain penelitian adalah single-subject experimental design, dengan membuat perbandingan hasil observasi perilaku-perilaku yang sama dalam tiga kondisi: kondisi baseline, kondisi intervensi (eksperimen), dan kondisi setelah intervensi.

Subyek penelitian adalah satu orang autis laki-laki, berusia enam tahun, mengalami defisit dalam keterampilan sosial yang melibatkan perilaku menyapa teman, bertanya di dalam kelas dan membantu ibu guru.

Social story digunakan untuk mengajarkan perilaku-perilaku yang defisit pada anak dengan gangguan autis, agar kemampuan mereka dalam berinteraksi secara tepat dan sesuai dengan aturan sosial dapat ditingkatkan. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui penerapan social story dengan teknik prompting dalam meningkatkan keterampilan sosial anak autis.
